WannaCry Virus Malware berjenis Ransomware yang sedang meneror pengguna windows



WannaCry (or WannaCrypt, WannaCrypt0r 2.0, Wanna Decryptor) adalah Program Ransomware yang menjadikan System Operasi Windows sebagai target. pada hari Jumat 12 April 2017 telah terjadi Cyber-Attack yang besar menggunakan virus WannaCry, yang telah menginfeksi lebih dari 230.000 Komputer di 150 kota. dan menuntut pembayaran tebusan dalam bentuk BitCoin di tuliskan dalam 28 bahasa yang berbeda. Menurut Europol serangan tersebut merupakan serang terbesar yang belum pernah terjadi sebelumnya

Serangan tersebut telah mempengaruhi beberapa perusahan besar seperti perusahaan Telekomunikasi Telefónica di Spanyol, Perusahaan jasa pengantar barang FedEx Corporation, Deutsche Bahn, LATAM Airlines, dan perusahaan di indonesia juga tidak luput dari serangan tersebut salah satunya Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais. target yang lain di 99 kota juga di laporkan telah terkena serangan pada waktu yang sama. 

Serangan tersebut menyebar melalui email phising, tetapi dapat menyerang melalui jaringan LAN (Local Area Network) dan melalui komputer yang terkoneksi internet secara langsung. biasanya komputer yang rentan terkena serangan merupakan komputer yang tidak memasang aplikasi keamanan yang terupdate, dan sistem operasi yang sudah tidak ada pengupdatetan secara berkala dari microsoft pada sistem keamannya, seperti Windows XP dan Windows Server 2003.

Untuk mencegah komputer anda terjangkit virus WannaCry tersebut sebaiknya simpan data-data penting anda pada Hardisk Terpisah (Hardisk External), dan untuk sementara tidak terkoneksi ke internet demi keamanan komputer anda. 







Credit : Wikipedia, Tribunnews, dan Viva.co.id 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment